5 Strategi Pemasaran untuk Bisnis Rumahan

Bisnis rumahan kian memberikan prospek yang menjanjikan. Baik ketika adanya wabah penyakit seperti ini, maupun ketika aktivitas ekonomi dapat dijalankan secara normal dan tak terbatas. Bisnis rumahan dapat dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. Pelaksanaannya yang praktis, serta pengembangannya yang cukup mudah menjadikannya referensi yang baik sebagai pekerjaan utama maupun sampingan.

Terutama ketika terjadi wabah penyakit seperti sekarang ini, banyak pegawai kantoran yang banting setir menjadi pengusaha bisnis rumahan. Ya, aktivitas ekonomi yang masih memungkinkan untuk dilakukan dari rumah saja ini menjadi pegangan hidup sementara penghasilan tidak menentu, atau tidak diperoleh sama sekali. Bagi Anda yang juga mulai tertarik untuk membuka bisnis rumahan, tidak ada salahnya mencoba.

5 Strategi Pemasaran Bisnis Rumahan

Seperti halnya melakukan bisnis lainnya, mewujudkan kesuksesan dari bisnis rumahan memerlukan strategi tertentu. Meskipun masih pemula dalam hal ini, Anda tidak perlu ragu untuk mulai melancarkan berbagai strategi promosi yang dirasa efektif.

Berikut adalah 5 strategi pemasaran untuk membantu menyukseskan bisnis rumahan Anda nantinya:

  1. Promosi dari mulut ke mulut

Di bidang komunikasi, promosi dari mulut ke mulut adalah kunci sukses suatu agenda. Kita memang hidup di zaman serba modern dan digital, di mana platform dan media promosi dapat dikemas sedemikian rupa untuk menjangkau target yang lebih luas. Di sisi lain, promosi dari mulut ke mulut memiliki nilai efisiensinya sendiri. Cara ini murah dan mudah, serta memberikan nilai keterpercayaan sendiri jika hal-hal baik didengar dari orang-orang yang kita kenal benar.

  1. Promosi via media sosial

Nah, menindaklanjuti cara promosi sebelumnya yang lebih bersifat konvensional, manfaatkan pula media sosial sebagai sarana promosi Anda. Dewasa ini, promosi bisnis dapat dilakukan secara optimal melalui media seperti LINE, WhatsApp, Twitter, Instagram, bahkan YouTube dan TikTok. Yang harus Anda siapkan adalah konten yang menarik, serta keterangan atau judul konten yang informatif untuk memperoleh respon yang diinginkan.

  1. Membuka akun di marketplace

Selain menggunakan media sosial sebagai ajang promosi, cara cepat lainnya untuk mendapatkan pasar untuk bisnis Anda adalah dengan membuka akun di marketplace yang telah tersedia. Karena sudah ada pengguna tetap pada marketplace tersebut, Anda tidak perlu terlalu pusing untuk mencari pelanggan baru. Yang penting, Anda terus belajar dan berinovasi untuk mempraktikkan cara berjualan yang tepat di media marketplace.

  1. Menggunakan endorsemen

Anda memiliki rekan dengan pengikut atau popularitas yang tinggi? Mintalah bantuan pada mereka untuk turut berpromosi dengan metode endorsemen. Cara ini kian lumrah ditemukan sekarang karena dapat memaksimalkan potensi eksposur dengan bujet yang bersahabat. Metode endorsemen dapat dilakukan menggunakan media foto maupun video, dilengkapi dengan kalimat ajakan dan informasi lengkap tentang bisnis Anda.

  1. Menitipkan produk

Cara ini adalah pilihan yang lebih tradisional dari poin sebelumnya tentang berjualan di marketplace. Secara langsung, Anda bisa menjajakan produk ke warung terdekat, atau menitipkan barang dagangan Anda ke toko yang dikehendaki. Agar usaha ini dapat berhasil, pastikan adanya komisi sepadan yang disepakati kedua pihak. Jangan lupa untuk mencantumkan identitas atau kontak bisnis Anda agar dapat meraih lebih banyak pembeli.

Jadilah Kreatif, Jagalah Kualitas

Mengiringi kelima strategi pemasaran tadi, Anda sangat direkomendasikan untuk terus berkreasi dari segi hasil produksi maupun variasi harga, serta mengutamakan kualitas produk, apa pun bisnis rumahan Anda. Pantang menyerah, dan teruslah semangat berusaha!

Share Button